Pohon Berdarah Muncul di 4 Negara di Belahan Dunia


Pohon berdarah yang memiliki dengan nama latinnya Pterocarpus Angolensis sering disebut di Indoensia adalah Pohon Jati. Ternyata phon jati ini memiliki  nama khusus di Negara Afrika Selatan yaitu Pohon Mukwa atau Pohon Muninga Pohon atau Pohon Mukwa. Khusus pohon jati yang mengeluarkan getah yang menyerupai darah  tidak semua warga Afrika Selatan memberikan sebutan Pohon Kiaat atau Pohon Mukwa tetapi lebih banyak dengan sebutan phon brdarah atau  Bloodwood. Sebutan nama  Pohon ini dianggap seram karena getah pohon ini memiliki bentuk darah yang menyerupai darah manusia dimana ketika ditebang akan mengeluarkan getah yang mirip dan menyerupai darah.

Dibalik Nama Seram Pohon Berdarah


Dibalik  nama pohon yang seram ternyata ada ada manfaatnya untuk membantu orang lain yang sedang memiliki masalah dengan berbagai penyakit.  Bloodwood ini oleh orang afrika selatan dimanfaatkan getahnya yang menyerupai darah manusia untuk mengobati penyakit sakit perut, kurap dan kudis yang lebih ampuhnya lagi dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria sampai stadium 3 bahkan dikabarkan dari informasi yang dihimpun dapat digunakan dengan cara diminum getahnya untuk produksi ASI untuk ibu menyusui yang sulit keluar air ASI nya.


Manfaat lain yang bisa digunakan dari Bloodwood ini adalah digunakan untuk bahan kosmetik dan bisa juga dimanfaatkan sebagai pewarna pakaian.


Pohon ini hanya bisa tumbuh di Negara Angola dan Afrika Selatan yang terletak diwilayah dataran tinggi, namun sekarang sedang dicoba dibudidayakan diberbagai Negara dibelahan dunia terutama daerah yang beriklim tropis. 


Di Australia menurut informasi dan literature dari wikipedia ternyata blood wood juga tumbuh namun tumbuhnya di daerah gurun sering digunakan oleh suku Aborigin untuk "waterbags kanguru-kulit” . 

Di  Tiongkok pohon yang getahnya menyerupai darah juga ada yang tumbuh bahkan tumbuhnya sudah lama di wilayah pemukiman penduduk.

Pohon "berdarah" ini di Tiongkok disebut Dragon Blood Tree. Jenis pohon ini juga tumbuh di daerah tropis pulau-pulau kecil di Socorta, Maroko, dan Kepulauan Canaria. Di Tiongkok tumbuh  di  Barat Daya Tiongkok. 

Di Tiongkok Getah Pohon ini sering disebut “Dragon Blood” yang sering juga dimanfaatkan dan digunakan untuk pernis biola dan digunakan untuk obat herbal yang sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Dengan sebutan yang unik tak heran Dragon Blood sebagai sebutan darah naga sering juga digunakan untuk ritual keagamaan yang dicampurkan dengan campuran bahan kimia lain.


Dalam daftar obat-obatan tradisional di Republik Rakyat Tiongkok, tercatat  Dragon Blood sebagai obat tradisional China  ternama yang telah lama dimanfaatkan selama berabad-abad tahun yang digunakan untuk menyembuhkan luka dan melancarkan peredarah darah serta  mempercepat pemulihan luka bakar.



0 Response to "Pohon Berdarah Muncul di 4 Negara di Belahan Dunia"

Posting Komentar